Minggu, 29 Januari 2012

sharing folder

MEMBUAT SHARING FOLDER YANG TIDAK DAPAT DI BROWSE ATAU DILIHAT PADA MY NETWORK PLACES (PENULIS : M. Chusnul Sy. S.Kom)



Apabila PC/NoteBook/Laptop terhubung dalam suatu jaringan, maka kita dapat membagi folder atau printer yang kita miliki kepada seluruh PC/NoteBook/Laptop yang terkoneksi, tentunya dalam suatu  subnet  yang sama atau seri, kemudian bagaimana cara agar file yang ada pada folder sharing (kita berikan kepada orang lain) hanya dapat diketahui dan dilihat  oleh  yang  kita  kehendaki  sehingga  tidak  semua  PC/NoteBook/Laptop  yang terkoneksi  dengan  bebas  dapat  melihatnya,  adapun  langkah  singkat  dapat  dilakukan dengan cara :

1.  Tentukan folder yang akan di berikan (sharing) melalui jaringan, dapat dilihat pada gambar dibawah, contoh : folder MASTER dan PUBLIC adalah folder yang sudah di sharing.


2.  Pada folder yang kita kehendaki klik kanan dan pilih sharing and security dan cara lain adalah dengan klik kanan pada folder dan pilih properties dan klik tab Sharing, maka akan tampil seperti gambar dibawah.





3.  Pada bagian Network sharing and security berikan tanda centang Share this folder on network (ini hanya dapat dibaca dan di copy tetapi tidak dapat di rubah atau dihapus   file   yan ad didalamnya sedangka apabil ditambah   dengan mengisikan tanda centang pada Allow  network users to change my file maka seluruh file yang ada dapat dirubah dihapus dan  dimodifikasi. Kemudian pada kolom  isian  Share  name  buat  nama  sesuai  keinginan,  nama  yang  ada  dapat dimodifikasi  tetapi  lebih  baik  gunakan  sesuai  nama  folder  aslinya  dan  kunci pentingnya berikan tanda $ pada akhiran nama yang ada contoh : PUBLIC$. Setelah selesai klik tombol seperti biasa yaitu tombol OK

4.  Setelah dua langkah tersebut diatas maka kita sudah dapat membuat sharing file melalu suatu folder yang kita kehendaki dan folder akan memiliki gambar standar seperti dibawah (ada gambar tangan pada folder yang kita sharing).

5.  Kemudian bagaimana rekan kita dapat melihat folder yang kita sharing, caranya adalah dengan memberitahu nama computer kemudian diikuti dengan nama folder yang kita sharing dan ini kita lakukan pada command run (pada klik tombol start dan pilih run) contoh : \\pc-coba\public$



6.  Untuk melihat nama komputer dapat dilakukan langkah : klik kanan pada My
Computer klik tab Computer Name akan tampil seperti gambar dibawah


Nama komputer anda terdapat pada : Full computer name



7.  Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar